Home

Mengenal Metode Dan Program Untuk Mencari Uang Melalui Website Atau Blog

Menghasilkan uang melalui internet memang bukanlah aktivitas baru, saat ini banyak komunitas atau pengguna internet memanfaatkan website atau blog untuk mendapatkan uang, bahkan diantaranya banyak yang berhasil memanfaatkan website atau blog sebagai  sumber penghasilan utama.
Nah…yang mungkin perlu diketahui bagi pemula atau sering disebut newbie, sesungguhnya metode dan program apa saja yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang melalui website atau blog ?
Tulisan tentang metode mencari uang melalui website atau blog ini, mungkin terdiri dari beberapa tulisan yang bersambung mengingat panjangnya tulisan dan metode atau program-program yang ada…
Dan perlu juga disampaikan bahwa tulisan ini bukanlah promosi dari berbagai metode atau program yang akhirnya dapat menghasilkan uang untuk saya melalui blog ini…tulisan ini murni hanya berupa panduan dasar untuk mengenal dan memahami berbagai metode dan program untuk mencari uang melalui internet dan tulisan ini juga tidak menjelaskan bagaimana menggunakan metode tersebut atau cara-cara detail untuk menggunakan metode dan program tersebut … mungkin untuk lebih memahami detail metode dan program-program yang ada, dapat dipelajari sendiri dari beberapa link program yang ada
Berikut adalah daftar metode dan program yang paling sering digunakan oleh komunitas atau pengguna internet untuk mendatangkan uang dari website atau blog dan juga disertai contoh dan link dari masing-masing metode.
PPC Advertising Networks.
Pilihan paling populer untuk kategori PPC Advertising Networks ini adalah Google Adsense.
Prinsip untuk mengikuti program seperti ini harus mendaftar terlebih dahulu, kemudian meletakkan potongan-potongan kode kedalam website/blog. Program ini melayani iklan-iklan kontektual (baik teks maupun image) yang ada kaitannya dengan isi blog dan anda akan mendapatkan uang dalam jumlah tertentu untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung blog anda.
Besar keuntungan iklan PPC tergantung dari tingkat traffic umum website, namun yang paling penting adalah click through rate (CTR) dan cost per click (CPC).  CTR bergantung pada desain website dan untuk mendapatkan CTR yang tinggi , penempatan iklan cukup menentukan, biasanya orang cenderung meletakkan dalam posisi yang menyatu dengan konten.
Disisi lain CPC tergantung pada niche website (tema). Produk-produk financial dan pendidikan adalah salah satu contoh niche yang cukup menguntungkan, sedangkan topik yang terkait dengan teknologi cenderung memiliki CPC lebih kecil.
Untuk program atau metode ini biasanya, pengunjung yang datang dari dari search engine (traffic organik) lebih menguntungkan  dibandingkan pengunjung yang datang dari media sosial, karena mereka memang datang berkunjung karena mencari sesuatu sehingga memiliki kecenderungan untuk sering mengklik iklan dibandingkan yang datang dari media sosial.
Beberapa contoh dan link  networks periklanan CPC yang cukup populer digunakan adalah :
·    Google Adsense (http://www.google.com/adsense)
·    Yahoo Publisher Network (YPN) – (http://publisher.yahoo.com)
·    BidVertiser (http://www.bidvertiser.com/)
·    Chikita (http://chikita.com)
·    Clicksor (http://www.clicksor.com/)
CPM Advertising Networks.
Model ini juga hampir sama dengan PPC network, yang membedakan hanya pada nilai bayaran yang didasarkan dari jumlah impresi (misalnya : page view) yang menampilkan iklan-iklan pada situs anda.
CPM (Cost Per Mille) adalah biaya untuk 1.000 impresi, sebagai contoh misalnya  sebuah blog yang meng-generate 100.000 page view setiap bulan dan menampilkan iklan banner seharga $.1 CPM akan menghasilkan $.100 tiap bulan.
CPM rate bervariasi untuk setiap network, posisi dan format iklan. Semakin baik networknya, semakin tinggi CPM rate (karena memiliki akses kelebih banyak peng-iklan) dan semakin dekat anda meletakkan iklan pada bagian atas maka akan semakin tinggi pula CPM, demikian juga ukuran besar format iklan (dalam hal pixels) , semakin besar maka CPM akan semakin tinggi. Umumnya hasil yang dapat diperoleh adalah $.0,10 atau $.10 per 1.000 impresi ( bahkan dapat lebih    ).
Iklan CPM cenderung menguntungkan bila website memiliki ratio page view atau pengunjung yang tinggi.
Beberapa contoh dan link  networks periklanan CPM yang cukup populer digunakan adalah :
·    Casale Media (http://casalemedia.com/)
·    Burst Media (http://www.burstmedia.com/)
·    Value Click (http://www.valueclickmedia.com)
·    Advertising.com (http://www.advertising.com/index.php)
·    Tribal Fusion (http://www.tribalfusion.com/smartPublishhers/)
·    Right Media (http://www.rightmedia.com/)
Banner Advertising
Metode ini adalah dengan menjual space iklan pada website atau blog anda sendiri dan mungkin lebih menguntungkan dari kedua metode di atas karena tidak harus berbagi komisi pada pihak perantara, selain itu anda sendiri yang dapat menentukan harga iklan tersebut.
Biasanya format iklan banner yang paling populer adalah leaderboard (728×90 pixel), skyscraper (120×600 pixel), rectangle (300×250 pixel) dan button (125×125 pixel).
Namun untuk melakukan hal ini, anda harus memiliki website yang memiliki pengunjung dalam jumlah yang besar sehingga mendapatkan kualivikasi sebagai adviser. Kesulitan lain adalah diperlukan waktu khusus untuk menjual space iklan tersebut, mengatur banner dan juga sistem pembayarannya.
Teks Link Ads
Walau popularitas text link ads ini sudah menurun, namun masih ada juga yang menggunakan text link untuk menghasilkan uang dari website mereka.
Program-program iklan text link ads ini antara lain :
·    Digital Point Link Sales Forum (http://forums.digitalpoint.com/forumdisplay.php?f=58)
·    Text-Link-Ads (http://www.text-link-ads.com)
·    Text Link Broker (http://www.textlinkbroker.com)
·    TNX (http://www.tnx.net/)
·    LinkWorth (http://www.linkworth.com)
Affiliate Marketing
Program affiliate marketing ini sangat populer dimana dengan sistem ini anda memiliki sebuah dagangan dimana orang lain dapat menjual langung maupun tidak langsung produk atau layanan yang ditawarkan dan sebagai imbalan anda akan mendapatkan komisi.
Type advertising model ini sering disebut dengan Cost Per Action (CPA) atau Cost Per Lead (CPL) dan biasanya anda dapat mengarahkan customer potensial ke produk yang dijual dengan beberapa cara yaitu mulai dengan banner, text link atau product review.
Berikut beberapa daftar program affiliasi yang ada :
·    Commision Juction (http://www/cj.com)
·    ClickBank (http://www.clickbank.com/index.html)
·    Azoogle Ads (http://www.azoogleads.com/corp/index.php)
·    Link Share (http://www.linkshare.com/index.shtml)
Widgets
Metode penggunaan widgets pada blog agar dapat menghasilkan uang saat ini sedang berkembang dan menjadi trend.
Program seperti ini yang saat ini paling terkenal adalah :
·    Widgetbucks (http://www.widgetbucks.com/)
·    Smartlink (http://www.adaptive-blue.com/smartlink.html)
Sistem layanan ini bekerja seperti gabungan skema PPC dan Text Link Ads, namun keduanya bekerja sebagai web widgets , dimana hal ini untuk memudahkan pengguna melakukan plug and play layanan ini pada website.
Sponsored Reviews
Bergabung dengan program ini akan memberikan anda kesempatan menulis posting dalam beragam topik dan mendapat sponsor (uang).
Bagi anda yang memiliki blog dengan pengunjung yang cukup banyak, dapat menggunakan program atau metode ini untuk mendapatkan penghasilan.
Beberapa program jaringan seperti ini adalah :
·    Pay Per Post (http://payperpost.com)
·    Sponsored Review (http://www.sponsoredreview.com)
·    ReviewMe (http://www.reviewme.com)
·    Blog Vertise (http://www.blogvertise.com)
·    Smorty (http://www.smorty.com)

%d bloggers like this: